Postingan

📶←←←←←←←←←←←←←📶

🔓PENUTURAN HADITS-HADITS SHAHIH TENTANG DIHARAMKANNYA NYANYIAN DAN ALAT-ALAT MUSIK.

2. HADITS KEDUA:

🔹Dari Anas bin Malik Radhiyallahu'anha diriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu a'laihi wa'salam bersabda:

صَـوْتَانِ مَلْعُوْنَانِ فِي الدُّنْيَاوَالاَخِرَةِ: مِزْمَارٌعِنْدَ نِعْمَةٍوَرِنََّةٌ عِنْدَ مُصِيْبَةٍ.

"Ada dua suara yang terlaknat: Seruling ketika ada kenikmatan, dan gemerincing ketika terjadi musibah."

▫Dikeluarkan oleh Al-Bazzar dalam Musnad-nya (Ⅰ: 377: 795 Kasyful Astaar): Amru bin Ali telah menceritakan sebuah riwayat kepada kami. Ia berkata: Abu Ashim telah menceritakan sebuah riwayat kepada kami. Ia berkata: Syabib bin Bisyr Al-Bajali telah menceritakan sebuah riwayat kepada kami. Ia berkata: Aku pernah mendengar Anas bin Malik Radhiyallahu'anha menceritakan: lalu disebutkan hadits tersebut, Juga melalui jalur Abu Ashim namanya Adh-Dhahhaq bin Mukhallad dikeluarkan oleh Abu Bakar Asy-Syafi'i dalam Ar-Ruba'iyat (Ⅱ:22:1 Manuskrip Zhahiriyah). Adh-Dhaya'u Al-Maqdisi dalam Al-Ahadits Al-Mukhtarah (Ⅵ: 188: 2200-2201)

▫ Al-Bazzar menyatakan: "kami hanya mengetahui riwayat dari Anas dengan sanad ini."

✒penulis katakan: sanad hadits ini hasan, bahkan shahih setelah melalui proses penyertaan.

🔹Dan hadits ini diiringi oleh riwayat penyerta dari Isa bin Thuhman dari Anas.

👉Dikeluarkan oleh Ibnu Sammak dalam Al-Awwal min Haditsihi (Qa'af 87: 2 -Manuskrip).

🔹Isa ini perawi yang dapat dipercaya, termasuk salah satu perawi Al-Bukhari sebagaimana dalam Al-Maghni oleh Adz-Dzahabi.

👍Alhamdulillah hadits ini shahih. Hadits ini juga memiliki riwayat penguat yang semakin menambah kekuatannya.

▪Yakni dari hadist Jabir bin Abdullah, dari Abdurrahman bin Auf, diriwayatkan bahwa ia berkata: Rasulullah Shallallahu a'laihi wa'salam bersabda:

إِنِّيْ لَمْ أَنَّهُ عَنِ الْبُكَاءِ، وَلَكِنِّيْ نَهَيْتُ عَنْ صَوْ تَيْــــــنِ أَحْمَقَيْــــنِ فَجِرَ يْنِ؛ صَوْتٍ عِنْدَ نَغْمَةِ لَهْوِ، وَلَعْبٍ وَمَزَامِـــــيْرِ الشَّيْطَانِ، وَصَوْتٍ عِنْدَ مُصِيْبَةٍ، لَطْمِ وُجُوْهٍ، وَشَقِّ جُيُوْبٍ، وَرِنَّةِ شَيْطَانٍ.

"Aku tidak melarang kalian menangis. Namun yang aku larang adalah dua macam suara yang bodoh lagi tabu: Suara nyanyian bersenang-senang, bermain-main dengan seruling setan, dan suara ketika terjadi musibah: memukul-mukul pipi, meribek-robek pakaian dan raungan setan."

📕Dikeluarkan oleh Al-Hakim (Ⅳ: 1063- 1064), Al-Baihaqi (Ⅳ: 69) dan dalam syu'abul Iman (Ⅶ:241:1063-1064) juga oleh Ibnu Abi Dunya dalam Dzammul Malihi (Qaaf 159: I-Zhahiriyah), Al-Ajjuri dalam Tahrimun Narad (201:63) Al-Baghawi dalam Syarhus sunnah (Ⅴ:430-431). Ath-Thayalisi dalam Musnad-nya (1683). Ibnu Saad dalam Ath-Thabaqat (Ⅰ: 138) dan Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf (Ⅲ: 393) Abu bin Humaid dalam Al-Muntakhab Minal Musnad (Ⅲ: 8:1044) melalui jalur Muhammad bin Abdurrahman bin Abi Laila, dari Atha, dari Jabir. Sebagian diantaranya tidak menyebutkan Abdurrahman, dan dalam hal itu ada kisahnya.

▪Diriwayatkan juga oleh At-Tirmidzi (1005) dari Jabir secara ringkas, Beliau berkimentar hadits ini Hasan, yakni karena adanya riwayat lain.

📕Judul asli :تحريم آلاتالطّرب
▪(Tahrim Alatit Tharab)▪

✒Penulis: Asy-Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani

Edisi terjemahan

➝➝➝➝➝➝➝➝➝
🌐📡 forumsalafiyyinsampit.blogspot.com
◉ ◈ ◉ ◈ ◉ ◈ ◉ ◈ ◉ ◈
☏℡
📚WA الناجية forum السلفيين ⭐✪

✧★✧☆✧★✧☆✧★✧☆✧★✧☆✧★ ً

Posting Komentar

Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah dia berkata yang baik atau diam. [HR. Al-Bukhori, 6018. Muslim, 47]
© Forum Salafiyyin Sampit. All rights reserved. Premium By Raushan Design