Postingan

ASY SYAIKH ABDUL QADIR AL JAILANI ROHIMAHULLAH

➖➖➖➖➖➖➖➖➖
ASY SYAIKH ABDUL QADIR AL JAILANI ROHIMAHULLAH
➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Bagian 1⃣

▪.Tahukah anda siapakah Asy Syaikh Abdul Qadir Al Jailani Rahimahullah❓

▪Cobalah lontarkan pertanyaan ini kepada siapa saja yang anda jumpai. In sya Allah mereka akan mengenalnya. Dia adalah seorang wali, dia adalah ulama, dia adalah orang shalih. Ya, Nama Syaikh Abdul Qadir Al Jailani begitu populer dinegri kita. Beliau dikenal sebagai seorang ulama yang shalih, sekaligus sangat identik dengan berbagai karomah yang dimiliki. Ada yang meyakini bahwa beliau adalah Wali Allah yang mampu terbang tinggi di angkasa raya, atau berjalan diatas air dengan secepat kilat. Bahkan ada pula yang beranggapan bahwa beliau mampu menghidupkan orang yang sudah mati.

Sebenarnya, kisah tentang berbagai keajaiban inilah yang membuat sekian banyak orang mengagumi dan mengidolakan Syaikh Abdul Qadir Al Jailani. Sampai sungguh disayangkan, perbuatan sebagian orang yang sangat berlebihan terhadap beliau. Yaitu menjadikan beliau wasilah (perantara) dalam doa. Dengan keyakinan, tanpa hal itu, doa mereka tidak akan dikabulkan. Jelas ini merupakan sikap yang melebihi batas dan kesesatan yang nyata. Sehingga alangkah baiknya jika kita mengetahui siapa sebenarnya Syaikh Abdul Qadir Al Jailani.

Benarkah beliau mempunyai berbagai keajaiban tersebut❓ Ataukah sekedar mitos atau dongeng hasil rekayasa orang orang, yang tidak bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah❓

Nama lengkap beliau adalah Abdul Qadir bin Abi Shalih Abdullah bin Janki Duwast bin Abi Abdillah bin Yahya bin Muhammad bin Dawud bin Musa bin Abdillah bin Musa Al Hauzy bin Abdullah Al Mahdi bin Al Hasan Al Mutsanna bin Al Hasan bin Ali bin Abi Thalib Al Jailani. Dengan melihat kepada silsilah keturunan diatas, bisa diketahui bahwa beliau memiliki garis kerurunan yang mulia, karena berujung kepada Ali bin Abi Thalib Rodhiyallahu 'anhu. Beliau berasal dari negri jailan, sehingga sebutan Al Jailani merupakan nisbat kepada negeri tersebut. Jailan adalah sebuah nama untuk beberapa daerah yang terletak dibelakang Negeri Thabaristan. Beliau dilahirkan ditempat teraebut pada bulan Ramadhan tahun 470 H.

▪Asy Syaikh Abdul Qadir Al Jailani merupakan salah seorang ulama Ahlus Sunnah wal Jama'ah. Siapa saja yang membaca dan menelaah biografi beliau yang banyak disebutkan oleh para ulama, niscaya ia akan mendapatkan bahwa beliau berakidah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. Hal ini bisa dibuktikan dengan melihat perjalanan hidup beliau selama menuntut ilmu agama. Beliau tiada pernah lepas dari bimbingan para Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. Sungguh Allah telah memberikan Taufik dan karunia yang sangat besar kepada beliau. Ya, Allah menanamkan rasa cinta terhadap ilmu agama semenjak beliau masih kanak kanak. Dalam usia yang masih sangat belia, yaitu pada umur 8 tahun, beliau telah meninggalkan tempat kelahiran dan merantau kekota Baghdad untuk menimba ilmu dari para ulama. Beliau belajar kepada Al Qodhi Abu Sa'ad Al Mukharrimi. Selain Itu beliau pun banyak meriwayatkan hadits dari sejumlah ulama pada masa itu. Diantaranya Abu Ghalib Al Baqilani dan Abu Muhammad Ja'far As Sirraj. Beliau menimba ilmu dari ulama ulama tersebut, hingga mampu menguasai berbagai ilmu ushul dan khilaf (Perbedaan) pendapat para ulama. Bahkan Abu Sa'ad Al Mukharrimi, akhirnya menyerahkan pengelolaan sekolahnya di babul ajaj sepenuhnya kepada Syaikh Abdul Qadir Al Jailani.

Bersambung...

📋 Sumber, Qudwah Edisi 02 vol 01/1433H/2012.

klik Join telegram ⬇
🌍 http://bit.ly/FadhlulIslam
🌐 www.salafymedia.com

📚 WA Fadhlul Islam Bandung 📚
➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Posting Komentar

Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah dia berkata yang baik atau diam. [HR. Al-Bukhori, 6018. Muslim, 47]
© Forum Salafiyyin Sampit. All rights reserved. Premium By Raushan Design