ASY SYAIKH ABDUL QADIR AL JAILANI ROHIMAHULLAH

➖➖➖➖➖➖➖➖➖
ASY SYAIKH ABDUL QADIR AL JAILANI ROHIMAHULLAH
➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Bagian 2⃣

▪Semenjak Itulah Pertualangan dakwah beliau dimulai. Dengan kesungguhan yang luar biasa, beliau melaksanakan Amanah tersebut. Beliau benar benar menjadikannya sebagai sarana untuk berdakwah dijalan Allah. Berbagai petuah dan nasihat beliau sampaikan kepada penduduk yang tinggal disekitar madrasah tersebut. Hasilnya sungguh diluar dugaan. Beliau mampu mengambil simpati orang banyak, yang selanjutnya mereka menimba ilmu dimadrasah tersebut. Bahkan tidak sedikit orang yang bertaubat dari kemaksiatan dan penyimpangan lantaran mendengar nasihat yang beliau sampaikan.

▪Adz Dzahabi menukilkan ucapan Syaikh Abdul Qadir Al Jailani dalam kitab beliau. Siyar A'lamin Nubala ketika menyebutkan biografi beliau, syaikh berkata, lebih dari lima ratus orang masuk islam lewat tanganku. Dan lebih dari seratus ribu orang telah bertaubat. Hal ini mengingatkan kita betapa besarnya pahala seseorang yang menjadi lantaran sampainya hidayah kepada orang lain. Sebagaimana sabda Nabi Shollallohu 'alaihi Wasallam kepada Ali bin Abi Thalib Rodhiyallohu 'anhu yang Artinya, Demi Allah, sekiranya Allah memberikan hidayah kepada satu orang melalui engkau, maka hal itu lebih baik bagimu dari pada mendapatkan unta merah.(HR. Al Bukhari dan Muslim).
▪Unta merah adalah gambaran harta yang paling mewah dan berharga.

▪Para ulama pun mempersaksikan lurusnya akidah Syaikh Abdul Qadir Al Jailani. Persaksikan tersebut muncul dari ulama yang sezaman dan langsung. Demikian pula ulama kalangan generasi sepeninggal beliau, yang telah menelaah dan meneliti buku buku karya beliau.

▪Mari kita simak penuturan salah seorang murid beliau, yang dikemudian hari menjadi ulama yang sangat terkenal. Yaitu Ibnu Qudamah. Suatu saat ibnu Qudamah pernah ditanya tentang Syaikh Abdul Qadir Al Jailani. Beliau menjawab, saat kami tiba di kota baghdad, ternyata saat itu kami menjumpai Syaikh Abdul Qadir Al Jailani berada dipuncak tertinggi dalam hal ilmu, fatwa ,zuhud. Ibnu Rajab menyatakan, Syaikh Abdul Qadir Al Jailani termasuk seorang ulama yang komitmen terhadap sunnah dalam berbagai permasalahan yang berkenaan tentang sifat sifat Allah, takdir, dan yang semisalnya. Beliau pun sangat serius dalam membantah siapa saja yang menyelisihi perkara tersebut.

▪Bukti Semua ini adalah Syaikh Abdul Qadir sendiri berkata dalam kitabnya yang sangat terkenal, Al Ghunyah, Allah berada diatas langit, diatas Arsy, menguasai kerajaan Alam semesta, Ilmu Nya meliputi segala sesuatu, kepada Nya lah naik kata kata yang baik dan amalan shalih. Dia mengatur segala urusan dari langit kebumi, lalu urusan itu naik kepada Nya dalam satu hari yang sama dengan seribu tahun menurut manusia. Tidak boleh dikatakan bahwa Allah ada disegala tempat. Bahkan Dia diatas langit, diatas Arsy, sebagaimana Firman Allah berfirman yang artinya, Ar Rahman (Allah) tinggi Istiwa dia atas Arsy. (QS. Thaha:5). Dengan demikian, karya beliau yang bernama Al Ghunyah Li Thalibi Thariqil Haq ini, Menjadi salah satu bukti otentik yang menunjukkan bahwa beliau adalah seorang ulama yang berakidah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah.

▪Hal senada juga pernah diungkapkan oleh para ulama masa kini. Diantaranya adalah Asy Syaikh Rabi bin Hadi Al Madkhali Hafizhohullohu dalam kitab beliau yang berjudul Al Haddud Fashil, aku telah mendapatkan akidah Syaikh Abdul Qadir Al Jailani di dalam Kitabnya Al Ghunyah ternyata beliau adalah seorang Salafi. Beliau menetapkan nama nama dan sifat sifat Allah, serta berbagai akidah yang lainnya diatas manhaj salaf. Beliau juga sangat perhatian dalam membantah berbagai kelompok sesat seperti Syi'ah, Rafidhah, Jahmiyah, Jabriyah, Salimiyah, dan kelompok Lainnya.

Bersambung...

📋 Sumber, Qudwah Edisi 02 vol 01/1433H/2012.

Klik Join telegram ⬇
🌍 http://bit.ly/FadhlulIslam
🌐 www.FadhlulIslambandung.salafymedia.com

📚 WA Fadhlul Islam Bandung 📚
➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar...