ASY SYAIKH ABDUL QADIR AL JAILANI ROHIMAHULLAH

➖➖➖➖➖➖➖➖➖
ASY SYAIKH ABDUL QADIR AL JAILANI ROHIMAHULLAH
➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Bagian 3⃣

Adapun mengenai berbagai kisah tentang karomah yang disandarkan kepada beliau, maka tidak semua kisah tersebut benar adanya. Syaikhul islam ibnu taimiyah Rohimahullah menjelaskan bahwa riwayat yang menyebutkan karomah yang beliau miliki telah mencapai derajat mutawatir (sangat banyak). Dan sebagian kisah itu memang benar adanya. Namun, tidak sedikit kisah kisah yang tidak bisa dipertanggung jawabkan keabsahan dan kebenarannya.

Oleh sebab itu Ibnu Rajab mengatakan Syaikh Abdul Qadir Al Jailani adalah orang yang diagungkan pada masanya. Sungguh beliau telah dimuliakan oleh sekian banyak syaikh, baik kalangan ulama ataupun para ahli zuhud. Yang demikian itu karena beliau memiliki banyak keutamaan dan karamah. Ada seorang yang bernama Al Muqri Abul Hasan Asy Syathnufi Al Mishri, yang menghimpun cerita cerita tentang berbagai keutamaan Syaikh Abdul Qadir Al Jailani dalam tiga jilid kitab. Namun orang itu telah mencantumkan hal hal yang aneh dan dusta. Padahal cukuplah seorang itu dikatakan berdusta, jika dia menceritakan segala yang ia dengar. Sebagian kitab itu telah kubaca, dan Qolbuku tidak tenang untuk meriwayatkan  segala kisah yang ada didalamnya. Kecuali kisah kisah yang telah popouler dari kitab selainnya. Selain itu, banyak riwayat dalam kitab ini yang bersumber dari orang orang majhul (tidak dikenal) juga perkara perkara yang mustahil, sesat, klaim, dan ucapan  yang batil. Semua itu tidak pantas dinisbatkan kepada Syaikh Abdul Qadir Al jailani. (Dzail Thabaqat Hanabilah, 1/293, karya Ibnu Rajab).

▪Imam Adz Dzahabi Rohimahullah menyebutkan tidak ada ulama besar yang riwayat hidup dan karamahnya lebih banyak kisahnya, selain Syaikh Abdul Qadir Al Jailani Rohimahullah. Namun, banyak dari riwayat riwayat itu tidak benar. Bahkan ada yang mustahil terjadi. Tidak ketinggalan Ibnu Katsir Rohimahullah juga memberikan komentarnya mengenai beliau ini dalam Al Bidayah Wan Nihayah, beliau mengatakan, orang orang banyak menukilkan hal dari Syaikh Abdul Qadir Al Jailani, baik berupa ucapan, perbuatan, penyingkapan urusan ghaib, yang mayoritasnya adalah ghuluw (sikap ekstrim). Padahal beliau adalah seorang yang shalih dan wara'. Beliau menulis kitab Al Ghunyah dan Futuh Al Ghaib. Dalam kedua kitab ini terdapat perkara perkara yang baik, namun beliau kadang kadang membawakan hadits hadits lemah, bahkan palsu. Akan tetapi secara global, beliau merupakan seorang figur dikalangan pemimpin Masyaikh.

▪Terlepas dari berbagai karomah dengan berbagai versi yang disebutkan dari Syaikh Abdul Qadir Al Jailani, sesungguhnya ada sebuah suri tauladan yang baik pada diri segenap kaum muslimin. Yaitu kesabaran beliau yang sangat menakjubkan dalam menghadapi cobaan dan ujian duniawi.

▪Para pembaca yang budiman, ketahuilah bahwa tidak ada seorang pun yang bisa selamat dari berbagai penderitaan fisik maupun jiwa, kerugian harta benda, maupun kehilangan orang orang yang dicintai. Yang demikian ini pasti akan menimpa siapapun. Baik orang shalih maupun orang bejat, bahkan para Nabi sekalipun. Allah Menegaskan hal ini dalam firman Nya:

ولنبلونكم بشيء من الخوف والجوع ونقص من الأنفس والثمرات، وبشر الصبرين

Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepada kalian, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 155).

Bersambung...

📋 Sumber, Qudwah Edisi 02 vol 01/1433H/2012.

Klik Join telegram ⬇
🌍 http://bit.ly/FadhlulIslam
🌐 www.salafymedia.com

📚 WA Fadhlul Islam Bandung 📚
➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar...