Pelajaran TAUHID: Kajian Kitab Tsalatsatul Ushul (Bagian 46)

WarisanSalaf.Com:
🍃Pelajaran TAUHID:
Kajian Kitab Tsalatsatul Ushul (Bagian 4⃣6⃣)
—---------------------------------------—

🌴Asy-Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab –Rohimahullah- menjelaskan:

ودليل الرجاء قوله تعالى: {فَمَنْ كَانَ يَرْجُوا لِقَاءَ رَبِّهِ فَلْيَعْمَلْ عَمَلاً صَالِحاً وَلا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهِ أَحَداً} (1) [سورة الكهف، الآية: 110]

🔻 Dan dalil untuk Roja` (1⃣); adalah firman Allah –Ta’ala- (artinya):
_”Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang sholeh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya.”_  [ Al-Kahfi : 110 ] (2⃣)

〰〰〰
💢PENJELASAN:
Tentang: “Ibadah Roja` (rasa harap)” (bagian 4).

(2⃣) Dalil tentang Roja`;

🌷 Asy-Syaikh –rohimahullah- menyebutkan satu ayat terakhir dari surat Al-Kahfi (110) dimana dalam ayat itu disebutkan dalil tentang roja`.
”Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang sholeh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya.”  [ Al-Kahfi : 110 ]

🌻 Asy-Syaikh Al-Fauzan –hafizhohullah- menjelaskan,
“Di dalam ayat ini disebutkan tentang “Roja`”, bahwasanya “Roja`” (rasa harap) itu termasuk ibadah kepada Allah –Azza waJalla-.
🔻 Dalam ayat ini juga dijelaskan, bahwa Roja` tidak sah kecuali jika diiringi dengan amalan sholeh. [ Syarah Al-Ushul Ats-Tsalatsah hal.137 ]

📌 Dalil lain tentang permasalahan ini adalah surat Yunus ayat 7-8,
🔻 Dalam dua ayat ini, Allah  -Ta’ala- mengabarkan keadaan orang-orang yang celaka, dari  kalangan orang-orang yang mengingkari perjumpaan dengan Allah –Ta’ala- pada hari kiamat. Mereka tidak mengharapkan sesuatu dari perjumpaan dengan Allah –Ta’ala- tersebut.

إِنَّ الَّذِينَ لَا يَرْجُونَ لِقَاءَنَا وَرَضُوا بِالْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَاطْمَأَنُّوا بِهَا وَالَّذِينَ هُمْ عَنْ آيَاتِنَا غَافِلُونَ (7) أُولَئِكَ مَأْوَاهُمُ النَّارُ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ (8)

🔻 “Sesungguhnya orang-orang yang tidak mengharapkan (tidak percaya akan) pertemuan dengan Kami, dan merasa puas dengan kehidupan dunia serta merasa tenteram dengan kehidupan itu dan orang-orang yang melalaikan ayat-ayat Kami (7)”
🔻 “Mereka itu tempatnya ialah neraka, disebabkan apa yang selalu mereka kerjakan. (8)” [ Yunus : 7-8 ]
〰〰〰

💯 Tentunya, Kita berharap bisa berjumpa dengan Allah –Ta’ala- dalam keadaan di ridhoi oleh-Nya. Aamiin yaa Robbal ‘Aalaamiin.

Wallahu a'lamu bisshowab
Bersambung insya Allah...

🌍 Ikuti terus pelajaran Tsalatsatul Ushul (ثلاثة الأصول) setiap hari senin dan kamis, Insya Allah
📝 Dirangkum oleh Al-Ustadz Abdul Hadi Pekalongan Hafizhahullahu Ta'ala.

#ushultsalatsah
〰〰➰〰〰
🍊 Update Ilmu agama bersama Warisan Salaf di: Website I Telegram I Twitter I Google Plus I Youtube I SMS Tausiyah
💻 Situs Resmi http://www.warisansalaf.com

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar...