DIANTARA DAMPAK BURUK KEMAKSIATAN


┏📜📚📖━━━━━━━━━━━━━━┓
 Majmu'ah Riyadhussalafiyyin
┗━━━━━━━━━━━━━━📖📚📜┛

📜 DIANTARA DAMPAK BURUK KEMAKSIATAN

▪ Anggapan buruk terhadap kemaksiatan menjadi lenyap dari dalam hati, hingga menjadi sebuah kebiasaan baginya. Perhatian seluruh manusia terhadap dirinya dan pembicaraan mereka tentang dirinya tidak lagi dianggap buruk bagi dirinya. (*)

▪ Dan ini di sisi para pelaku maksiat merupakan puncak keterbukaan dan sempurnanya kelezatan.(**)
Sampai-sampai salah seorang dari mereka merasa bangga dengan kemaksiatan, dan dia menceritakan kemaksiatan tersebut kepada orang yang tidak mengetahui bahwa dia melakukannya. Maka dia mengatakan, "Wahai Fulan, aku telah melakukan ini dan itu."

⚠ Manusia semisal ini tidaklah diampuni dan jalan taubat telah tersumbat bagi mereka, serta secara umum telah tertutup pintu-pintu taubat bagi mereka. Seperti sabda Nabi ﷺ :

"كل أمتي معافىً إلا المجاهرين. وإنّ من الإجهار أن يستر الله على العبد، ثم يُصبِح يفضَح نفسه، ويقول: يا فلان عملتُ يوم كذا وكذا: كذا وكذا، فيهتك نفسَه، وقد بات يستره ربه"

[[ Setiap ummatku akan diampuni kecuali mujahirin (orang yang terang-terangan bermaksiat). Termasuk bentuk terang-terangan adalah Alloh telah menutupi seorang hamba, kemudian di pagi hari membongkar dirinya sendiri. Dia mengatakan, "Wahai Fulan, pada hari ini dan pada hari itu aku telah melakukan ini dan itu." Sehingga dia menyingkap dirinya sendiri padahal sungguh dia bermalam dalam keadaan Robbnya telah menutupinya.]]

📗 (Diriiwayatkan oleh Al-Bukhoriy dan Muslim)

📚 Ad-Da'u wad Dawa' hal. 89 - 90, harya Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah rohimahulloh.


➖ ➖ ➖ ➖ ➖
📝 Catatan Kaki :
(*) tidak lagi merasa malu berbuat maksiat dihadapan manusia, demikian pula meskipun manusia membicarakan kemaksiatan-kemaksiatan dirinya.

(**) merasakan kesenangan dan kelezatan dengan berbuat maksiat secara terbuka dihadapan banyak orang.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖
أنه ينسلخ من القلب استقباحُها، فتصير له عادةً، فلا يَستقبح من نفسه رؤيةَ الناس له، ولا كلامَهم فيه.
وهذا عند أرباب الفسوق هو غاية التهتّك وتمام اللذة، حتّى يفتخر أحدهم بالمعصية، ويحدّث بها من لم يعلم أنه عملها، فيقول: يا فلان عملتُ كذا وكذا!
وهذا الضرب من الناس لا يُعافَون، وتسدّ عليهم طريق التوبة، وتغلق عنهم أبوابها في الغالب، كما قال النبي- صلى الله عليه وسلم -: "كل أمتي معافىً إلا المجاهرين. وإنّ من الإجهار أن يستر الله على العبد، ثم يُصبِح يفضَح نفسه، ويقول: يا فلان عملتُ يوم كذا وكذا: كذا وكذا، فيهتك
نفسَه، وقد بات يستره ربه" (رواه البخاري ومسلم)

📑 Ustadz Muhammad Rofi حفظه الله

➖ ➖ ➖ ➖ ➖
🕌 “Tetap hadir di majelis ilmu syar'i (tempat pengajian) untuk meraih pahala dan barokah lebih banyak dan lebih besar, insyaa Allah.”

📲 Ayo Join dan Share :
➖➖➖➖➖➖➖➖➖
📚 Fawaaid: t.me/Riyadhus_Salafiyyin

🖼 Poster dan Video:
▶️ instagram.com/galerifaedah
▶ mobile.twitter.com/galerifaedah
▶ telegram.me/galerifaedahz

Posting Komentar

Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah dia berkata yang baik atau diam. [HR. Al-Bukhori, 6018. Muslim, 47]
© Forum Salafiyyin Sampit. All rights reserved. Premium By Raushan Design